7 Konsep Desain Interior Kamar Tidur yang Unik

Setelah selesai membangun rumah dan kamar tidur telah jadi, kita tidak serta merta akan langsung menggunakan kamar tidur. Kita perlu merancang atau membentuk suasana kamar yang seharusnya nyaman dan enak dipandang terutama oleh diri kita sendiri. Oleh karena itu, kita perlu mendesain interior lebih dulu dengan memikirkan suasana kamar seperti apa yang ingin kita tempati. Dalam Desain Kamar Tidur Utama tentulah sangat penting, agar menjaga kita terasa nyaman untuk ditempati. Sebenarnya jika tanpa memandang desain juga kita bisa mengatur kamar. Namun kita perlu mengingat bahwa kita akan menempati ruangan yang akan menjadi tempat beristrahat kita dan dapat membuat kita merasa nyaman dan betah.

Oleh karenanya kita perlu tahu Cara Mendesain Kamar agar dapat sesuai dengan selera kita. Dalam keadaan bosan pun, kita juga bisa mengganti Desain Kamar Tidur untuk mendapatkan suasana yang baru. Dalam membentuk suasana kamar sendiri, ibarat sebuah tema yang akan dijadikan konsep dalam mengatur atau mendesain interior. Dari konsep tersebutlah kita baru bisa menentukan perabotan apa saja yang perlu ditempatkan didalam kamar, apa saja sebaiknya yang tidak ditempatkan didalam kamar, dan bagaimana mengaturnya.

Tentukan suasana (konsep) kamar tidur

Dengan menentukan konsep, kita bisa membuat desain interior yang dimana tiap perabot atau rancangan di dalam kamar, akan tampak saling berhubungan serta kelihatan cocok. Hal itu sangatlah penting agar tidak terjadi Kesalahan dalam desain interior. Beberapa konsep desain interior sendiri dapat berupa tema misalnya klasik, retro, minimalis, kontemporer dan beberapa tema lainnya. Konsep atau tema dari suasana kamar sendiri tidak selalu harus sama dengan konsep ruangan lain dari bagian rumah. Kita bisa mengatur sendiri konsep berbeda terhadap kamar.

Berikut beberapa contoh konsep desain interior kamar tidur yang dapat diikuti:

1. Konsep desain kamar minimalis

Kamar tidur gaya minimalis

Konsep ruang kamar minimalis sebenarnya didasarkan oleh adanya sebuah keterbatasan lahan, dalam hal ini luas kamar yang tidak terbatas. Selain ini Desain kamar tidur minimalis dengan konsep minimalis juga berupa sebuah penerapan atas keterbatasan pembiayaan (ekonomi) dalam mendesain interior atau pembelian perabotan. Kita bisa mengatur bagaimana cara menata dan Cara Menghias Kamar Tidur yang Sempit.

Oleh karena segala keterbatasan tersebut, maka kita perlu mencari sebuah cara agar kita mampu memanfaatkan ruang yang kecil disertai biaya yang tidak besar, namun mampu menghasilkan desain interior yang tampak elegan, nyaman, modern, bahkan bisa terlihat mewah. Desain minimalis sendiri awalnya berkembang dari Jepang.

Hal pertama yang perlu dipikirkan adalah mengisi perabot atau furniture. Biasanya, untuk Desain rumah minimalis terutama kamar tidur konsep minimalis menjadi pilihan yang sangat tepat. Konsep minimalis menggunakan konsep ruangan yang tidak terlalu memiliki banyak perabotan atau furniture. Semakin sedikit furniture, maka semakin minimalis konsep ruangan kamar tersebut. Oleh karena itu, tidak perlu mengisi perabotan yang tidak begitu penting, namun tetap menjaga keindahan dan kenyamanan kamar. perabotan cukup beberapa buah saja.

Untuk menyiasatinya Cara Menata Kamar Tidur agar terlihat hidup walaupun tidak ada perabotan, Tips Memilih Wallpaper untuk kamar tidur adalah pilihan yang tepat untuk menjadikan Dekorasi Kamar tidur menjadi Unik dan Inspiratif.

Dalam Cara Menata Kamar Tidur Yang Sempit yaitu konsep minimalis, kita selalu berusaha membuat ruangan terasa lapang dengan mengurangi perabotan, sehingga terlihat sederhana. Selain itu, pilihlah perabotan yang stylish namun bentuk sederhana untuk kamar tidur. Kita juga bisa menambahkan karpet dan pewarnaan dinding yang bisa mencolok atau tidak. Tambahkan juga hiasan dinding dibanding hiasan duduk atau berdiri. Untuk lemari, pilihlah yang sederhana dengan warna yang cocok denga perabotan kamar serta tidak terlalu besar.

Konsep minimalis bukan hanya untuk gaya Rumah minimalis sederhana saja, tetapi juga anda bisa mendesain kamar anda dengan knsep minimalis. Desain minimalis sanat cocok untuk ruangan kamar berukuran kecil.

 

2. Konsep desain kamar klasik

Kamar tidur gaya klasik

Cara menata ruangan rumah selanjutnya untuk kamar tidur adalah konsep kamar klasik. Desain kamar tidur klasik ini menerapkan gaya yang menggunakan bahan natural dengan mengedepankan gaya yang elegan. Desain konsep klasik umumnya tidak banyak bermain pada berbagai jenis warna terutama jenis warna-warna mencolok. Hal ini juga berlaku terhadap langit-langit, dinding dan perabotan.

Umumnya Cara Mendekorasi Kamar gaya klasik menggunakan perpaduan warna sederhana misalnya putih, krem, serta cokelat. Beberapa juga hampir menerapkan seluruhnya seperti warna dan motif kayu. Penggunaan perabotan juga umumnya berbahan dari kayu yang sebagian besar di cat varnish. Rata-rata perabotan kayu juga dibuat berukir. Namun kadang beberapa perabotan kayu cenderung memiliki harga yang mahal.

Contoh perabotan kayu model klasik misalnya mulai dari tempat tidur, lemari, kursi, kusen, jendela, pintu, dan bagian lain yang bisa terbuat dari kayu. Desain perabotan kayu kemudian banyak diukir dengan bisanya dipadukan dengan aksesoris logam berwarna emas, kuningan atau perak yang bisa terpasang pada gagang pintu atau jendela, gagang lampu, dan beberapa aksesoris lainnya. Logam-logam tersebut juga bisa terdapat berbagai ukiran sesuai konsep ruangan. Selain itu pada kamar klasik juga biasanya menggunakan konsep penerangan model lampu gantung (seperti mudel lilin gantugn dengan gagang logam pada langit-langit zaman dulu). Selain itu, penerangan umumnya tidak menggunakan lampu yang berwarna putih terang melainkan seperti kuning pudar dengan tingkat terang tidak terlalu terang.

 

3. Konsep desain kamar kontemporer

Kamar tidur gaya kontemporer

Konsep kontemporer mungkin mirip dengan konsep kamar minimali. Hal ini juga dikarenakan konsep kontemporer termasuk dengan desain moderen. Hal utama dalam konsep kontemporer biasanya pada kamar yang luas. Dari segi warna interior cenderung menampilkan satu warna tertentu sebagai warna utama.

Warnanya pun biasanya menggunakan warna-warna netral pada umumnya seperti krem atau putih. Disisi lain, perpaduan warna juga bisa dikembangkan pada konsep monokrom misalnya perpaduan warna hitam dan putih. Baik antara warna kamar dengan perabotan dibuat cocok dan saling mendukung.

Konsep ini dikatakan berkembang pada era 1970-an. Selain itu, konsep ruang kontemporer umumnya menempatkan kaca lebar atau besar pada jendelanya, sehingga akan tampak pandangan luas keluar dari kamar. Bentuk ruangan atau perabotan umumnya berbentuk geometris baik bentuk piramid, bulat atau kotak. Selain itu bahan dasar perabotan bisa dari kayu untuk konsep natural. Sedangkan daru segi pencahayaan biasanya ruanga dibuat terang, baik dengan memanfaatkan pencahayaan lampu atau dengan pencahayaan alami. Untuk pernak-pernik ruangan biasanya tidak terlalu dikembangkan pada konsep ini. Selain itu ruangan kamar biasanya menciptakan kesan rumah atau kamar yang bersih dan cerah. 

 

4. Konsep desain kamar bergaya maroko

Kamar tidur gaya maroko

Konsep kamar bergaya maroko sebenarnya cenderung pada permainan warna baik ruang kamar maupun perabotan yang ada. Konsepnya adalah dengan menampilkan perpaduan warna-warna mencolok dengan motif tertentu. Sehingga pada akhirnya akan tampak tekstur desain berupa campuran warna-warni yang tampak ramai dipandang.

Kesan yang dihasilkan suatu ruang dengan konsep maroko biasanya bernuansa romantis dan eksotis. Dalam ruangan dapat terjadi perpaduan warna perabot sebagai aksen utama dengan tambahan pernak-pernik yang unik. Bagi beberapa orang yang tidak menyukai kombinasi warna yang ramai, mungkin tidak begitu suka dengan konsep ini. namun untuk mencoba variasi konsep, desain ini dapat dicoba.

Cara umum atau sederhana dalam menerapkan konsep ini, kita bisa bermain pada warna pencahayaan atau berbagai jenis warna cahaya pada kamar. sedangkan untuk perabotan berbahan tekstil seperti sprai kasur, bantal, selimut, karpet kamar dan lainnya menggunakan warna yang bervariasi atau ramai berwarna-warni dengan berbagai motif tertentu sehingga semakin terlihat berwarna. Untuk perabotan non tekstil sebenarnya bisa berupa warna sederhana, sebab akan tertutupi dengan ramainya warna dari perabotan lain. Namun kita juga bisa mengeksplorasi warna dengan motif tertentu dengan perabotan tersebut.

 

5. Konsep kayu

Desain konsep kayu untuk interior kamar tidur menjadi pilihan selanjutnya. Furniture dan perlengkapan untuk kamar tidur kayu di desain dengan sedemikian apik dan eksotic dengan permainan warna kayu dan cat tembok.

Agar terlihat eksotic dan cantik pergunakan warna coklat muda dan tua pada kayu dengan warna cat tembok yang itdak terlalu terang. Serta tambahkan hiasan di dinding atau rak buku agar terlihat lebih menarik.

Konsep kayu ini tidak banyak dipilih oleh sebagian masyarakat, mereka lebih senang mendesain kamar mereka dengan desain minimalis dan sederhana. Tapi, tidak ada salahnya anda mencoba konsep desain kayu ini. Konsepnya yang terkesan unik dan berbeda dari desain kamar lainnya.

 

6. Konsep Shabby Chic

Konsep desain shabby chic ini biasanya disukai oleh sebagian besar wanita, karena konsep shabby chic di desain sangat sederhana dengan sentuhan warna yang lembut. Serta, tidak terlalu banyak pernak-pernik dan hiasan di dalam kamar.

Selain itu tirai atau gorden yang tentunya di desain dengan model yang menarik yaitu, desain gorden kupu-kupu atau gorden pita. Untuk dinding, anda bisa menggunakan wallpaper dengan warna lembut yang sesuai dengan cat tembok.

Konsep shabby chic ini diperuntukkan bagi anda yang menyukai keindahan ruangan, terutama untuk kamar tidur. Dengan desain yang cantik tentunya membuat anda betah berlama-lama di kamar tidur anda.

 

7. Konsep Monokrom

Jika anda menyukai warna hitam dan putih, konsep monokrom untuk kamar tidur anda adalah pilihan yang tepat. Konsep monokorm di desain dengan permainan 2 warna yaitu hitam dan putih. Untuk tempat tidur, furniture, hiasan, kursi, meja, sampai dengan cat tembok semuanya menggunakan warna hitam dan putih.

Desain ini terlihat sangat maskulin tetapi masih ada sentiuhan hangat di dalamnya. Tips Memilih Cat Yang Bagus Untuk Kamar Tidur dengan pilihan 2 warna ini, ruangan anda akan terlihat luas walaupun di lengkap dengan berbagai furniture dan hiasan. Untuk lebih mempercantik ruangan kamar anda, anda bisa memajang lukisan dinding anda.

Konsep desain kamar tidur di atas merupakan konsep desain yang banyak dipilih masyarakat untuk mendesain kamar tidur utama atau kamar tidur anak-anak. Setiap konsep desain tentunya memiliki perbedaan terutama dalam Cara Memilih Warna Cat Rumah terutama untuk pemilihan warna ruangan kamar. Pemilihan warna merupakan lambang kepribadian anda, jadi tidak ada slahnya jika anda ingin merubah warna dari desain yang telah saya sampaikan di atas.

OUR

OFFICE

Green Lake City
Ruko Cordoba Blok F No. 16
Jl. Green Lake City Boulevard, 
Gondrong, Cipondoh, Kota Tangerang
Banten 15146

021 - 545 0189
0811.8072.281
0819.3123.4597

magnolia@magnoliaadisentosa.com