Tips Cara Mendesign Apartemen Kecil Agar Ideal

Bagi kamu yang baru saja membeli apartemen berukuran kecil atau berencana memilikinya, pastinya kamu nggak sabar untuk segera mengisinya dengan konsep desain interior apartemen yang kamu inginkan. Tapi, jika kamu nggak membuat perencanaan yang matang, desain interior apartemen idaman bisa jadi nggak terwujud sesuai ekspektasimu.

Ukuran apartemen yang kecil seringkali menghambat perencanaan desain interior apartemen yang kamu buat. Furnitur yang tadinya ingin kamu gunakan karena ukurannya yang terlalu besar sehingga nggak muat ditempatkan di dalam apartemen, membuatmu mau nggak mau harus mengubur keinginan itu dalam-dalam.

Daripada berlarut-larut memikirkannya, lebih baik kamu coba trik penataan untuk desain interior apartemen mungil dari Kania berikut ini. Dijamin setelah mencoba dan melihat hasil desain interior apartemen milikmu, kamu pasti akan lebih puas!

1. Jadikan area yang terkena bukaan sebagai area ruang tv

Jika desain interior apartemen milikmu memiliki ruang terbuka berbentuk L dan terdapat bukaan atau jendela di salah satu sisinya seperti ini, kamu bisa memanfaatkan area dekat bukaan tersebut sebagai area interior ruang keluarga. Desain interior apartemen berbentuk L biasanya memiliki ukuran lebar yang kecil.

Adanya bukaan alami membuat ruang keluarga atau desain ruang TV yang kecil terasa lebih menyegarkan dan nggak sumpek. Dengan desain interior apartemen seperti ini, kamu pun bisa tetap merasa nyaman saat berkumpul bersama anggota lainnya.

2.Gunakan rak display tanpa kaki untuk memberikan kesan ruangan yang lebih luas

Untuk menyiasati luas desain interior apartemen yang sempit, kamu bisa menggunakan furnitur tanpa kaki seperti credenza gantung ini. Ini adalah solusi pintar yang bisa kamu coba, terlebih untuk ruang keluarga pada desain interior apartemen berbentuk L.

Model rak display yang menggantung seperti ini membuat ruang keluarga di apartemen terlihat lebih lapang dan luas. Selain itu, menggunakan furnitur tanpa kaki membuat bersih-bersih jadi lebih mudah, karena nggak ada kotoran atau debu yang menyangkut di bawahnya.

3. Manfaatkan transisi antara dua ruang sebagai area dapur

Jika kamu bingung di mana kamu bisa menempatkan area dapur masakpada desain interior apartemen milikmu, kamu bisa menempatkannya di area transisi antara dua ruangan tertutup.

Dimensi atau ukuran area yang dibutuhkan untuk area dapur pada desain interior apartemen mungil tidak perlu besar, hanya dengan kitchen set miniseperti ini, area dapur pun sudah bisa berfungsi dengan baik.

4. Untuk kamar tidur, maksimalkan salah satu sisi untuk meletakkan furnitur.

Apabila desain interior apartemen milikmu memiliki ruangan kamar tidur, kamu bisa menerapkan gaya desain interior yang berbeda dari gaya desain di ruangan terbuka. Seperti pada kamar tidur pada desain interior apartemen kecil ini, nuansa kayu terlihat sangat mendominasi dari penggunaan furnitur berkualitas dan material lantai kayu.

Kalau kamu ingin menggunakan kasur empuk yang lebih besar pada kamar tidurmu, tidak ada salahnya menempatkan beberapa furnitur secara sejajar. Agar kamar terasa lebih luas, gunakanlah lemari dengan cermin.

5. Kombinasikan 3 jenis pencahayaan untuk membangun mood dan ambience ruangan.

Desain interior apartemen akan terasa hampa rasanya tanpa adanya aksen dari pencahayaan ruangan. Untuk membangun mood ke dalam desain interior apartemen yang luasnya terbatas, kamu bisa memadukan tiga jenis pencayahayaan yang berbeda.

Ketiga jenis pencahayaan lampu tersebut adalah pencahayaan terpusat (ambience lighting), pencahanyaan yang lebih fokus (task lighting), dan pencahyaan tambahan (accent lighting). Untuk pencahayaan terpusat, gunakan lampu gantung. Task lighting bisa menggunakan standing lamp, dan lampu dinding untuk accent lighting.

6. Beri sentuhan dekoratif lewat tanaman hias dan throw

Tips terakhir untuk dekorasi desain interior apartemen mungil, kamu bisa menggunakan berbagai pernak-pernik dekor ruangan. Kamu bisa menyesuaikannya dengan gaya desain interior apartemen yang kamu inginkan. Variasi tanaman hias bisa kamu gunakan untuk berbagai gaya desain interior, mulai dari minimalis, Skandinavian, bohemian ataupun Morrocan style.

Throw pada sofa cocok untuk diterapkan pada gaya desain interior apartemen berkonsep Skandinavian dan Bohemian. Perpaduan dengan unsur kayu akan membuat elemen dekorasi ini tampil semakin menarik

Nah, itulah keenam cara yang bisa kamu coba saat mengisi desain interior apartemen kecil milikmu. Gimana, nggak sulit kan? Dengan penataan seperti ini, tampilan desain interior apartemen jadi terlihat seimbang dan ideal, anggota keluarga pun semakin betah beraktivitas di rumah!

Jika kamu ingin memiliki desain interior apartemen ideal seperti yang ada di artikel ini, kamu bisa langsung menghubungi tim design & build interior dari Magnolia Adi Sentosa. Selamat mendekorasi!

OUR OFFICE

Green Lake City
Ruko CBD Blok C No. 66
Jl. Green Lake City Boulevard, 
Cipondoh, Kota Tangerang
Banten 15146

021.5433.5870
0811.91.555.25

Email