Tips Menjaga Rumah Dari Serbuan Rayap

Rayap amat dikenal karena hobi menggerogoti kayu di bangunan. Ya, serangga kecil satu ini memang sangat merugikan, dan bahkan membahayakan rumah atau hunian.

Elemen-elemen seperti tiang dan perabotan kayu yang lapuk di rumah akibat rayap dapat sewaktu-waktu roboh dan sangat mengancam keselamatan. Terkadang, kayu yang kulitnya terlihat masih bagus isi di dalamnya sudah habis dimakan rayap dan menjadi usang. Akan tetapi, jika dipegang, kayu tersebut terasa ringan, rapuh, dan mengeluarkan serbuk-serbuk sisa kayu.

Setelah mengetahui akan bahaya rayap, mari simak kiat-kiat dalam memberantas rayap di rumah berikut ini.

#1 Ketahui keberadaan rayap di rumah

Karena ukurannya yang sangat kecil, rayap termasuk tidak kasatmata alias susah dilihat dengan mata telanjang. Namun, meskipun ukurannya kecil, namun rayap sangat mudah dibedakan dari bentuk semut, kecoa, dan serangga lainnya.

Jejak yang ditinggalkan rayap seringkali berupa serbuk kayu dan kayu keropos. Serbuk kayu berbentuk bulatan kecil seperti bubuk selalu terdapat di dekat kayu keropos dimakan oleh rayap. Sedangkan kayu yang terdengar seperti berongga ketika diketuk-ketuk mengisyaratkan bahwa kayu tersebut sudah dimakan oleh rayap dan menjadi rapuh.

#2 Membasmi rayap di rumah dengan cara alami

Cara-cara yang sangat ekonomis untuk diterapkan dalam membasmi rayap di rumah anda:

  • Campuran air tembakau dan garam

Buat anda yang perokok khususnya, cara ini amat mudah untuk diterapkan. Rendam sisa puntung rokok di dalam larutan garam selama semalam, lalu semprotkan air tersebut ke dalam tempat rayap bersarang.

  • Daun Salam dan Kemangi

Aroma kuat dari daun salam dan kemangi dapat mengusir rayap, khususnya yang terdapat di lemari pakaian anda. Jangan khawatir karena meskipun memiliki aroma yang kuat, pakaian anda tidak akan terkena imbasnya.

  • Air cucian beras

Selama ini, air cucian beras diketahui sangat bermanfaat dalam menghaluskan wajah bahkan sampai menyuburkan tanaman. Tapi, tahukah anda kalau air cucian beras juga ampuh untuk mengusir serangga seperti rayap? Cukup hanya dengan menyiram air cucian beras ke tempat-tempat rayap bersarang.

#3 Membasmi rayap di rumah dengan cara kimiawi

Sebagian orang merasa lebih yakin dengan zat-zat kimiawi dalam mengusir rayap dengan alasan lebih ampuh daripada cara alternatif alami. Beberapa zat tidak sepenuhnya kimiawi, namun memerlukan perhatian khusus dalam pengaplikasian karena dapat berdampak buruk bagi tubuh jika disalahgunakan.

  • Kamper/ kapur barus anti serangga

Kapur barus (C10H160) berbentuk seperti kristal yang mudah menyublim ke udara. Kapur barus berasal dari pohon yang mengandung senyawa kimia naftalen. Selain berbau harum, kapur barus ini juga ampuh dalam mengusir serangga di rumah.
NB: Jauhkan dari anak-anak karena bentuknya yang bulat dan putih dapat menarik perhatian

  • Minyak tanah dan solar

Selain bermanfaat sebagai bahan bakar, ternyata minyak tanah dan solar juga sangat ampuh dalam melindungi kayu dari serangan rayap. Jika anda berencana untuk membangun rumah dengan pondasi kayu, ada baiknya bangunan dilapisi dengan minyak tanah atau solar agar lebih tahan lama dan aman dari serangan rayap.

  • Tisu + cairan kimia

Serangga rayap tertarik pada benda-benda lembab. Anda dapat mencampurkan tisu dan air, lalu menyemprotnya dengan cairan kimia pembunuh rayap. Rayap yang tertarik dengan tisu lembab akan seketika mati teracuni.

Cara alami lebih aman dan ekonomis dalam penggunaan namun memiliki kelemahan dalam rumitnya mencari bahan yang harus dipakai dan lamanya waktu yang diperlukan. Sedangkan zat-zat kimiawi anti rayap dapat dengan mudah didapatkan di toko-toko terdekat, namun perlu perhatian lebih ekstra agar tidak berdampak buruk terhadap kesehatan anda maupun anak-anak.

OUR

OFFICE

Green Lake City
Ruko Cordoba Blok F No. 16
Jl. Green Lake City Boulevard, 
Gondrong, Cipondoh, Kota Tangerang
Banten 15146

021 - 545 0189
0811.8072.281
0819.3123.4597

magnolia@magnoliaadisentosa.com