Bagian Yang Perlu Diperhatikan Saat Merenovasi Rumah Anda

Mendekati Hari Raya atau Lebaran, beberapa orang merenovasi rumahnya untuk mengganti suasana. Pekerjaan renovasi rumah ini bisa berupa pekerjaan kecil seperti mengganti cat dinding hingga pekerjaan besar seperti meningkat rumah. Dengan merenovasi rumah, kita akan mendapatkan suasana baru yang lebih segar. Sekecil apapun perubahan pada rumah, akan memberikan dampak yang berarti bagi penghuninya.

Namun apakah Anda sudah memahami bagian mana saja yang oenting untuk Anda perhatikan? Walaupun Anda bukan desainer profesional, Anda sebagaiknya memahami bagian-bagian mana dari rumah yang perlu diperhatikan lebih. Bagian-bagian ini akan memberikan dampak yang besar pada keseluruhan renovasi rumah. Dengan memahami bagian-bagian rumah ini, Anda bisa mendapatkan hasil yang memuaskan nantinya.

 

Dinding Dalam

Dinding merupakan area pekerjaan yang terluas. Dinding, terutama bagian dalam, sangat mempengaruhi kondisi mental maupun fisik penghuni. Warna cat dinding yang salah dapat membuat orang merasa tidak nyaman atau kurang betah. Selain itu, bahan cat yang tidak berkualitas dan mengandung bahan-bahan kimia beracun dapat membahayakan kesehatan Anda sekeluarga.

Agar dinding rumah memberikan kenyaman bagi hunian Anda, ini tips yang bisa Anda ikuti:

  • Pilih cat dengan bahan dasar tidak berbahaya. Contohnya sekarang ada banyak pilihan cat water based dengan pengencer air. Cat ini tidak berbau dan memiliki kadar bahan kimia berbahaya yang sangat rendah. Sehingga dinding rumah Anda akan aman bagi anak-anak sekalipun.
  • Beberapa model cat memiliki kandungan anti-jamur dan anti-lumut. Cat dengan kandungan tersebut dapat membuat dinding Anda tetap tampil cerah dan bebas kusam akibat serangan jamur dan lumut.
  • Bersihkan dinding secara berkala setiap 3-6 bulan. Tidak hanya produk yang tepat, perawatan pun perlu dilakukan secara berkala. Agar dinding tetap tampil cerah dan mempesona.
  • Beberapa warna cat memiliki dampak psikologis tertentu. Seperti biru yang memiliki efek rileks serta merah yang menambah keakraban. Pelajari efek psikologis warna agar mencapai suasana ruangan yang Anda inginkan.
  • Rumah yang memiliki luas ruangan ssempit dapat mengaplikasikan warna cat yang cerah. Cat yang cerah akan memendarkan cahaya lebih banyak sehingga ruangan terasa lebih lapang.

Lantai

Lantai berfungsi untuk menahan beban serta pergerakan di dalam ruangan. Kini ada banyak pilihan material untuk lantai yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan desain rumah. Berikut tips yang bisa Anda ikuti.

  • Lantai keramik merupakan pilihan yang paling umum karena harganya yang terjangkau dan modelnya yang beragam. Namun sekarang ada alternatuf homogenous tile yang lebih kokoh serta tampilannya mewah seperti granit namun harganya jauh lebih terjangkau.
  • Lantai keramik biasanya rawan dengan masalah popping atau keramik yang lepas. Ini diakibatkan permukaan yang tidak rata atau kesalahan mengaplikasikan perekat keramik. Apabila ini terjadi, maka keramik perlu dibongkar seluruhnya. Pilih perakat dengan kualitas yang bagus serta gunakan nat berkualitas yang fleksibel terhadap muai susut keramik.
  • Apabila Anda ingin menggantai lantai dengan marmer atau granit, maka Anda perlu perhatikan bahwa lantai tersebut lemah terhadap noda cairan berwarna. Cairan dapat masuk ke pori-pori dan merusak tampilan lantai. Apabila ada cairan yang menggenang, segera bersihkan sebelum sempat meresap ke dalam pori-pori permukaan.

Kusen Pintu dan Jendela

Kusen pintu dan jendela tidak lagi terbatas pada kayu saja. Ada alternatif material berupa aluminium dan uPVC. Berikut tips yang dapat menjadi pertimbangan Anda.

  1. Kusen kayu rawan terkena serangan rayap. Selain itu, kusen kayu juga tidak bisa dibiarkan dalam kondisi lembap karena akan mudah lapuk. Untuk mengatasinya, gunakan cairan anti-rayap dan pastikan sirkulasi udara di dalam ruangan lancar.
  2. Alternatif material lainnya adalah aluminium. Aluminium lebih tahan terhadap serangan rayap serta lebih kokoh. Namun pemasangannya butuh keahlian khusus agar dapat terpasang sempurna. Aluminium juga bisa cepat panas apabila terkena sinar matahari.
  3. Material yang lebih tahan panas dan tahan serangan rayap dan tahan korosi adalah uPVC. Material turunan PVC ini dihilangkan sifat plastiknya sehingga lebih kokoh dan kuat.

Saluran Air

Rumah yang bocor tentu tidak nyaman bukan? Apalagi jika merembes ke dinding dan menyebabkan dinding berjamur. Perhatikan tips berikut agar saluran air tetap terawat di rumah Anda.

  • Biasanya jaman sekarang orang menggunakan pipa PVC yang murah dan awet. Pipa PVC tersedia dalam berbagai jenis sesuai ukuran dan ketebalan yang Anda butuhkan.
  • Pipa air bersih memiliki tekanan yang tinggi. Oleh karena itu, gunakan pipa jenis AW yang paling tebal yang mampu menahan tekanan hingga 10kg/cm2.
  • Untuk pipa air kotor dari kamar mandi, gunakan pipa PVC diameter 4″ dengan jenis D. Ukuran ini juga bisa digunakan untuk buangan air kloset ke septic tank.

Listrik

Sambungan instalasi listrik perlu dipasang dengan cermat agar keamanan Anda sekeluarga terjamin.

  • Sambungan instalasi listrik harus tertutup rapat untuk menghindari hubungan pendek.
  • Periksa instalasi listrik setiap 5 tahun sekali.

OUR

OFFICE

Green Lake City
Ruko Cordoba Blok F No. 16
Jl. Green Lake City Boulevard, 
Gondrong, Cipondoh, Kota Tangerang
Banten 15146

021 - 545 0189
0811.8072.281
0819.3123.4597

magnolia@magnoliaadisentosa.com